Proses Finishing Kartu Undangan Pernikahan

Penyelesaian akhir pada proses cetak kartu undangan di Indonesia masih menggunakan tangan terampil dari pengrajin. Yang berarti masih ada kesempatan bagi sobat untuk membuka usaha pada bagian ini saja, ataupun menjalankan usaha ini sepenuhnya dari hulu ke hilir.

Dimulai dari selesai proses cetak sampai tinta kering dengan benar. Proses finishing bisa segera dilakukan sesuai dengan jenis pesanan yang diterima. Laminating, die-cut sampai dengan lipat kartu undangan dilakukan pada bagian ini.

Finishing Pada Umumnya

Setelah semua selesai, bagian akhir pada proses finishing pada umumnya adalah memotong kertas yang sudah dicetak sesuai ukurannya. Dan pada undangan biasanya terdapat proses lipat 2 sampai 4 bagian, lalu dimasukan ke dalam plastik bening. Packing, dan undangan sudah siap diambil atau dikirim ke calon pengantin.

Penambahan Aksesoris Kartu Undangan

Dengan model saat ini, kartu yang penuh aksesoris dikerjakan pada bagian produksi ini. Memasang pita, tag ataupun tali serapi mungkin sebelum dimasukan ke dalam plastik. Membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakan ini semua, dan perlu diketahui ada beberapa orang yang menyediakan jasa ini untuk proses yang lebih cepat dengan biaya terjangkau.

Khusus Untuk Jenis Hardcover

Jenis ini berbeda sendiri, dibutuhkan tangan terampil yang sudah terbiasa mengerjakannya. Sebenarnya prosesnya cukup mudah, hanya saja memakan waktu yang lama jika dikerjakan oleh mereka yang belum profesional. Setelah bahan dipotong menggunakan mesin pon, bahan diberi karton untuk membuatnya menjadi tebal dan dilipat sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Bisa menggunakan lem ataupun double tape untuk merekatkannya dan membutuhkan sedikit tenaga untuk melipatnya. Jika sobat kerepotan, ada jasa khusus finishing undangan hardcover yang bisa digunakan.

Berapa Lama Waktu Finishing Kartu Undangan?

Dalam keadaan normal, softcover hanya membutuhkan waktu paling lama 2 hari. Softcover dengan aksesoris bisa mencapai satu minggu. Dan harcover biasanya sekitar 2 minggu.

Biaya Finishing Yang Harus Dikeluarkan

Ada banyak faktor harga seperti waktu yang diinginkan serta tambahan faktor X lainnya, namun sebagai contoh untuk order 500 lembar sobat bisa mendapatkan harga finishing per lembar :
Biaya lipat sampai memasukan ke plastik Rp. 30,-
Lipat softcover + aksesoris Rp. 100,-
Hardcover standar Rp. 1.000,-
Hardcover + aksesoris Rp. 1.250,-

Itulah proses finishing kartu undangan, ada potensi bisnis khusus disini, dengan membuka jasa finishing soba bisa mendapatkan rupiah tanpa modal, namun perlu ketekunan dan giat dalam melakukannya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mendapatkan Contoh Undangan Pernikahan Untuk Galeri

Jangan Pernah Mencetak Undangan Pernikahan Dengan Printer Inkjet di Rumah