Komputer / Laptop Dan Alat Pendukung Untuk Desain Undangan Pernikahan


Seringkali pengusaha baru bertanya tentang komputer untuk membuat desain kartu undangan nikah dengan optimal. Apakah sebuah laptop sudah cukup ataukah memerlukan sebuah setup desktop berspesifikasi tinggi dengan harga yang mahal? Jawaban ambigu selalu didapatkan bagi orang yang bertanya mengenai hal ini, karena tentu saja hardware terbaru dengan spesifikasi tertinggi memberikan performa terbaik. Namun tidak semua orang mampu berinvestasi dengan nilai besar pada bagian ini. Dan karena sering ditanyakan saya berpendapat bahwa sebuah komputer adalah hal yang penting, berikut syarat yang bisa saja dipenuhi ataupun tidak sama sekali untuk merakit komputer yang akan digunakan sebagai alat utama desain undangan.

Processor

Otaknya komputer, saat ini menggunakan teknologi 64bit adalah wajib. Jadi dapatkan processor yang bekerja pada sistem tersebut karena lebih pintar dibandingkan dengan 32bit. Untuk penggunaan sampai dengan 5 tahun kedepan setelah pembelian, saya sarankan mengambil processor i7 <20nm dari intel versi terbaru yang lebih cepat dalam berpikir, lebih hemat daya dan tentu saja sobat tidak perlu upgrade dalam waktu dekat.

RAM

Memory tempat menyimpan file sementara mempengaruhi kecepatan dari komputer itu sendiri. Menggunakan satu keping 4GB DDR3 tidaklah cukup, saran saya dapatkan 2x8GB DDR3 atau 4x4GB DDR3 jika motherboard yang digunakan mendukung penempatan 4 keping RAM.

Graphic Processing Unit (GPU) / Video Cards

GPU saat ini sangat penting keberadaannya, khususnya dalam pekerjaan video, namun bukan berarti dalam tugas graphic bisa dihilangkan keberadaannya, Processor + RAM hebat tanpa GPU tetap akan membuat lag pada saat mengerjakan desain, jadi dapatkan GPU terkini atau setidaknya NVidia seri 9 dengan teknologi GTX.

Monitor

Monitor resolusi tinggi dengan teknologi IPS sangat disarankan. Namun jika budget terbatas, menggunakan monitor standar dengan ukuran layar setidaknya 23 inch untuk pengalaman kerja yang menyenangkan.

Printer Laser

Peran printer laser sangat penting dalam industri percetakan. Hasil cetak garis yang halus dan mampu membuat raster warna menjadi kenyataan. Sangat disarankan untuk memiliki printer laser yang bisa mencetak blok warna dengan sempurna. Ini karena pada proses pra-cetak terkadang sobat membutuhkan hasil cetak dari printer laser yang digunakan untuk film pada pembuatan matress foil dan embos, garis untuk pisau pon dan bahkan image yang akan dibuat plat untuk proses cetak undangan blanko.

Scanner

Scanner sering dilupakan, karena penggunaanya sangat minimal. Namun sobat pasti tetap butuh scanner untuk membuat dokumen asli menjadi foto dalam file digital dan mengolahnya di komputer. Terkadang sobat juga menggunakannya untuk membuat tracing dari pola yang diinginkan dalam proses desain.

Itulah peralatan desain yang dibutuhkan untuk proses yang lancar di percetakan undangan. Mulai dari spesifikasi minimal komputer sampai alat pendukung seperti printer dan scanner yang terkadang dilupakan.

Comments

Popular posts from this blog

Proses Finishing Kartu Undangan Pernikahan

Cara Mendapatkan Contoh Undangan Pernikahan Untuk Galeri

Jangan Pernah Mencetak Undangan Pernikahan Dengan Printer Inkjet di Rumah