Jenis Kertas Yang Paling Sering Digunakan Untuk Undangan Pernikahan


Jika sobat mengunjungi toko kertas di daerah Jakarta ataupun Bandung, di sana terdapat banyak jenis kertas yang bisa didapatkan dengan harga beragam. Mulai dari kertas coated yang ditekan dan memiliki lapisan mengkilap ataupun buram sampai dengan kertas uncoated yakni kertas seperti hvs plain paper atau yang memiliki tekstur khusus. Variasi ukuran bisa didapatkan dengan cara memotong menggunakan mesin potong kertas khusus berukuran besar dengan pisau tebal dan panjang sekitar satu meter.

Di toko kertas yang menjadi suplier percetakan, sobat bisa mendapatkan ukuran besar saja yakni ukuran plano 109x79 cm, 100x65 cm, 120x90 cm dan khusus untuk sticker 108x70 cm.

Produksi kartu undangan menggunakan berbagai macam tipe kertas mulai dari : jasmine, artpaper, copenhagen, hawaii, cotton paper, hvs, kalkir, sticker baik itu produk lokal ataupun impor dengan ketebalan beragam tergantung kebutuhan. Untuk mempermudah sobat, hanya ada 2 jenis kertas yang paling sering dipakai untuk membuat undangan nikah, yakni : jasmine dan art carton.

Jasmine

Kertas coated dengan lapisan sedikit mengkilat seperti terdapat gliter pada permukaannya menjadi pilihan nomer satu bagi para calon pengantin. Fancy paper ini tersedia dalam berbagai warna solid seperti hijau, biru, merah ataupun pastel seperti krem dan tentu saja warna putih. Bisa dicetak dengan metode offset ataupun hot stamping memudahkan pengusaha percetakan mendapatkan kreasi tiada habisnya dengan bahan ini. Jasmine juga sangat bagus digunakan pada undangan hardcover, karena tidak ada pecahnya tinta pada bagian lipat kartu tersebut. Harga yang ditawarkan sekitar Rp.4.000,- per lembar plano untuk produk lokal dan Rp. 6.000,-  - Rp. 12.000,- untuk produk impor.

ArtPaper / ArtCarton (Glossy & Matte)

Kertas buatan lokal dengan lapisan pada permukaannya menghasilkan efek mengkilat ataupun buram. Hasil cetakan pada kertas ini terlihat sangat tajam dan cerah, sehingga desainer bisa secara bebas berkreasi menggunakan kertas ini. Untuk softcover biasanya menggunakan bahan Artcarton 230 gsm - 260 gsm. Bahan yang lebih tipis digunakan pada produksi hardcover biasa, namun jika ada terdapat emboss pada kartu yang ingin dicetak, sebaiknya sobat menggunakan bahan minimal 230 gsm untuk mendapatkan impressi emboss yang mantap. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 2.500 per lembar plano tergantung dari berat yang dibutuhkan. Lebih murah dari Jasmine, hanya saja jika menggunakan jenis ini untuk hardcover, sobat harus melaminasinya terlebih dahulu dengan laminating glossy ataupun dop.

Comments

Popular posts from this blog

Proses Finishing Kartu Undangan Pernikahan

Cara Mendapatkan Contoh Undangan Pernikahan Untuk Galeri

Jangan Pernah Mencetak Undangan Pernikahan Dengan Printer Inkjet di Rumah