Mendapatkan Hasil Cetak Terbaik Untuk Menghindari Masalah Yang Tidak Perlu

Dalam industri cetak skala kecil, ada banyak hal yang tidak diketahui oleh konsumen retail, sebelum terjun langsung kedalamnya. Diantaranya inkonsistensi warna pada hasil cetakan. Hal yang dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari setting sampai dengan finishing. Benang kusut harus diurut terlebih dahulu untuk membuatnya lurus, menguras banyak waktu dan tenaga. Dengan tips berikut, sobat bisa langsung mendapatkan hasil maksimal dari cetakan tanpa perlu repot mengurus hal-hal yang tidak penting.

Kualitas Dari Operator Setting

Operator setting yang berkualitas mengetahui bagaimana terjadinya proses cetak dimana sering jadi masalah untuk mendapatkan warna tipis yang stabil atau warna hitam pekat yang diinginkan pada kartu undangan. Biasanya operator berpengalaman akan memisahkan warna tipis tersebut pada plat ke 5 yang menghasilkan plat cetak CMYK + Pantone. Ini akan menambah biaya ongkos cetak bagi pengusaha undangan, dan tentu saja mereka melakukannya setelah mendapatkan persetujuan. Operator amatir menggunakan CMYK 100% dan berharap mendapatkan hitam pekat yang diinginkan. Namun hasil yang didapat adalah cetakan rusak, karena membutuhkan waktu pengeringan sampai berhari-hari. Sedangkan operator berpengalaman menggunakan C10 M0 Y0 K100 untuk mendapatkan hitam yang rata dan C10 M8 Y8 K100 untuk mendapatkan hitam pekat.

Menggunakan Mesin Terbaru

Jenis mesin yang digunakan berpengaruh besar terhadap hasil cetak. Untuk mudahnya sobat hanya perlu menggunakan mesin terbaru seperti SM52-4, SM72-4 dari Heidelberg untuk cetak sparasi full color. Namun kadang kita perlu menghemat biaya ongkos cetak, dan memilih mesin yang lebih tua seperti Heidelberg GTO ataupun Sakurai Oliver, jika memang harus begitu, maka sobat harus memilih operator yang memiliki kualitas baik.

Memilih Operator Yang Berkualitas

Maklun ataupun memiliki sendiri mesin cetak membutuhkan operator yang berkualitas, berpengalaman, mau terus belajar dan mengusahakan hasil cetak terbaik. Perhatikan portofolio dari hasil kerja mereka dengan cermat sebelum memilih operator yang hendak digunakan untuk mencetak undangan. Apalagi jika sobat mendapatkan order dengan warna pastel halus atau blok warna yang pekat. Karena kualitas operator memiliki pengaruh yang sama besarnya dengan mesin yang digunakan.

Comments

Popular posts from this blog

Proses Finishing Kartu Undangan Pernikahan

Cara Mendapatkan Contoh Undangan Pernikahan Untuk Galeri

Jangan Pernah Mencetak Undangan Pernikahan Dengan Printer Inkjet di Rumah