Memahami Proses Pra-Cetak Pada Produksi Undangan Pernikahan

Langkah awal sangat penting dalam setiap tujuan, dengan mengetahui hasil akhir sobat bisa memulai langkah dengan benar penuh keyakinan. Saat ini proses pra-cetak berperan sangat besar dalam industri percetakan, disini sobat bisa mengkalkulasikan secara efektif setiap bahan dan proses yang harus dilakukan sebelum mulai naik cetak.

Desain, Setting Layout Cetak dan Persiapan Peralatan Cetak

Peran komputer sangat besar pada bagian ini, menggunakan software desain pilihan seperti CorelDraw ataupun Adobe Illustrator untuk mengubah template desain sesuai dengan pesanan adalah langkah awal yang benar.

Setelah itu, sobat bisa proses setting layout untuk plat mesin cetak dan jika perlu memisahkan spot warna serta memisahkan image untuk proses selanjutnya seperti foil dan emboss.

Jika memiliki semua mesin sendiri, sobat bisa langsung memulainya. Memesan plat ataupun matres untuk embos serta foil juga menjadi pilihan favorit.

Untuk hardcover, jangan lupa persiapkan juga layout garis untuk membuat pisau pon.

Menggabungkan Order Untuk Efektifitas Biaya

Ada satu hal yang paling menarik untuk sobat. Pada proses pra-cetak, terdapat satu hal penting yang bisa menambah keuntungan bagi vendor undangan pernikahan. Seperti kita ketahui bersama, bahwa ada ongkos minimal untuk setiap produk yang hendak digunakan, seperti minimal ongkos cetak, biaya minimal matres embos dan foil serta biaya minimal dari pisau pon.

Jika sobat memiliki beberapa order yang mirip sekaligus. Sobat bisa menggabungkan 2 - 3 order tersebut sekali jalan untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan dengan cara mengganti ukuran mesin yang akan digunakan dari SM52-4 ke SM72-4 pada undangan softcover. Menggabungkan ukuran matres foil dan embos serta membuat template khusus untuk pisau pon.

Dengan cara ini, sobat bisa mendapatkan laba ekstra dari efektifitas bahan, peralatan serta ongkos cetak hingga 50%.

Pra-cetak memang proses standar yang harus dilalui. Disini ketelitian sangat dibutuhkan untuk menghindari kerugian. Dengan kreatifitas pada bagian produksi ini juga vendor bisa mendapatkan keuntungan tambahan yang membantu perkembangan dari bisnis itu sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Proses Finishing Kartu Undangan Pernikahan

Cara Mendapatkan Contoh Undangan Pernikahan Untuk Galeri

Jangan Pernah Mencetak Undangan Pernikahan Dengan Printer Inkjet di Rumah