Modal Untuk Berbisnis Undangan Pernikahan

Membuka galeri undangan pernikahan membutuhkan sedikit modal materi dan banyak modal ilmu serta koneksi sosial. Dengan lingkaran sosial yang tepat, sobat bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Namun ini sangat jarang terjadi.

Jika berharap bisnis ini bisa tanpa modal finansial atau Rp. 0,-. mungkin sobat bakalan kecewa berat, karena dibutuhkan materi berupa uang cash untuk menjalankan usaha ini lihat gdrive. Namun kabar baiknya adalah sobat tidak membutuhkan uang dalam jumlah banyak.

Berikut beberapa modal yang harus dipersiapkan untuk membuat usaha yang sobat tekuni ini berjalan dengan lancar.

Modal Untuk Dekorasi Galeri Offline

Berbeda dengan usaha lainnya, untuk berkembang bisnis ini membutuhkan galeri offline. Dulu saya pernah mencoba hanya bermodalkan facebook pages, dengan trafik tinggi, banyak yang suka dan banyak yang menghubungi saya. Terlihat bagus bukan? Sayangnya jumlah order yang saya dapatkan selama 4 bulan tersebut 0 alias nihil. Karena calon konsumen kurang yakin dengan perusahaan yang saya buat.

Untuk galeri yang baik, sobat butuh meja, komputer, tempat arsip contoh serta rak/lemari untuk display sample kartu yang ditawarkan.

Modal Ilmu Percetakan

Meluangkan sedikit waktu untuk memperdalam pengetahuan tentang percetakan juga sangat penting. Mengetahui jenis mesin yang cocok untuk sebuah pekerjaan dengan biaya paling ekonomis dan proses paling cepat menjadi daya tarik tersediri bagi konsumen. Jika sobat bisa menyelesaikan order lebih cepat dibanding kompetitor dengan harga yang wajar, maka sobat bakalan menang di usaha ini.

Sedikit Modal Finansial, Uang Kas Yang Siap Cair Kapan Saja

Uang kas, yang dingin. Penting untuk keberhasilan usaha, kelancaran proses produksi. Jika tidak memiliki koneksi di percetakan dan toko kertas, sobat membutuhkan sedikit uang tambahan untuk setiap pekerjaan yang didapatkan. Konsumen hanya memberikan uang muka yang biasanya tidak lebih dari 50% total order. Dengan keuntungan rata-rata 15-25% dari order maka sobat butuh mengeluarkan uang kas untuk proses produksi yang lancar dan sesuai jadwal.

Modal Koneksi Yang Tepat

Koneksi sangat penting. Networking atau lingkaran sosial sobat bakalan menjadi faktor X yang bisa menguntungkan atau menenggelamkan. Coba membuat dan merawat koneksi kepada pengusaha percetakan yang memiliki mesin produksi. Kepada pemilik toko kertas dan juga kepada banyak orang yang berhubungan dengan produksi serta marketing, dengan begitu sobat bisa mendapatkan keuntungan ekstra berupa pinjaman modal berbentuk barang dan jasa yang tidak mungkin didapatkan oleh pengusaha tanpa koneksi sosial. Berteman dengan mereka. Karena temanmu bakalan membantumu.

Itulah sedikit modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini secara mudah dan sederhana. Ada beberapa jenis yang harus dimiliki baik itu finasial, sosial serta yang lainnya. Semoga usaha sobat bisa berkembang dengan cepat.

Comments

Popular posts from this blog

Proses Finishing Kartu Undangan Pernikahan

Cara Mendapatkan Contoh Undangan Pernikahan Untuk Galeri

Jangan Pernah Mencetak Undangan Pernikahan Dengan Printer Inkjet di Rumah